Wednesday, August 28, 2019

PENYUSUNAN BANK SOAL BAHASA INDONESIA JENJANG SMA DALAM PORTAL RUMAH BELAJAR


Salam Literasi untuk guru-guru hebat. Membaca dan menulis adalah dua di antara berbagai jenis kegiatan literasi. Sebagai guru, termasuk juga peserta didik, kegiatan tersebut harus menjadi bagian dalam keseharian. Portal Rumah Belajar dapat kita jadikan contoh bagaimana guru berkarya dalam bentuk tulisan sekaligus menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Namun demikian, kehadiran Rumah Belajar harus secara berkelanjutan dilakukan perbaikan agar ke depan dapat menjadi wadah yang sempurna bagi pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu, review terhadap hal tersebut perlu dilakukan. Tujuannya bukan untuk mencari kelemahan atas konten yang ada di dalamnya, melainkan harus dipandang sebagai peran serta masyarakat penggunanya dalam upaya pembenahan atas konten tersebut.
Seperti telah kita ketahui bahwa Rumah Belajar adalah salah satu Layanan Pustekkom Kemendikbud yang diluncurkan sejak 2011 dan terus dikembangkan hingga kini. Portal tersebut dibuat atas dasar tuntutan perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0. Di era digital tersebut, pembelajaran berbasis online adalah suatu kebutuhan, baik bagi guru maupun peserta didik. Bagi guru, portal tersebut bertujuan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sementara itu, bagi peserta didik, Rumah Belajar akan mempermudah peserta didik dalam memahami setiap materi sesuai dengan jenjang pendidikan mereka. Dengan demikian, sebagai sebuah portal pembelajaran resmi yang dimiliki oleh pemerintah, kehadirannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
Rumah belajar memiliki beberapa fitur, yakni Fitur Utama, Konten Pendukung, Fitur Pendukung, dan Sumber Belajar Lain. Dalam Fitur utama, terdapat beberapa sub-fitur, yakni Sumber Belajar, BSE, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Jelajah Angkasa, Kelas Maya, dan PKB.  Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan salah satu fitur yang terdapat di dalamnya, yaitu fitur bank Soal Bahasa Indonesia Jenjang SMA, baik dari segi keunggulan maupun kelemahannya.
Dari segi keunggulan, fitur Bank Soal, secara umum, sangat membantu peserta didik dalam  mengukur kemampuan hasil belajar dengan cara mengerjakan evaluasi yang terdapat di dalamnya. Penyusunan soal dilakukan secara online dan dilengkapi dengan kunci jawaban. Dengan demikian, peserta didik dapat segera mengetahui hasil evaluasi segera setelah menyelesaikan semua soal yang disediakan.
Di samping keunggulan, ada beberapa kekurangan di dalamnya. Untuk menunjukkannya, berikut disajikan contoh Latihan Bahasa Indonesia Bulan Desember Kelas XII) yang dibuat oleh Marian Sabri.
Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Seluruh unsur yang seharusnya dimiliki karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra, memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.
Masalah yang dibahas dalam penggalan resensi di atas adalah …. 
A.  Isi Novel
B.  Daya tarik novel
C.  Kelebihan dan kekurangan novel
D.  Kekurangan novel
E.   Latar akang
Mencermati contoh soal tersebut, ada beberapa hal yang dapat dikemukakan, yakni sebagai berikut.
(1)     Soal tersebut bukan merupakan soal yang baru karena sudah sering keluar dalam evaluasi sejak beberapa tahun lalu. Dengan demikian, soal tersebut hasil copy paste.
(2)     Kaidah penyusunan soal tidak memenuhi standar karena beberapa hal berikut:
(a)    Antara stimulus dan pokok soal hanya berganti baris; tidak dipisahkan oleh baris kosong sebagai penanda.
(b)   Pilihan jawaban diawali dengan huruf capital, padahal pilihan jawaban tersebut bukan merupakan kalimat.
(c)    Pada pilihan jawaban E, terdapat kekurangan huruf.
(3)     Kunci jawaban yang diberikan “salah” karena pembuat soal memberikan kunci jawaban: A (Isi Novel). Seharusnya, kunci jawaban adalah “C” (kelebihan dan kekurangan novel)
Selain beberapa kekurangan tersebut, ada satu hal lain yang sangat penting berkaitan dengan penyusunan soal. Ada beberapa soal yang tidak memiliki stimulus, tetapi langsung pada kokok pertanyaannya, seperti yang terdapat pada soal berikut.
(1)     Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengemukakan pendapat, kecuali
(2)     Berikut yang tidak termasuk tata cara berdiskusi yang baik adalah :
 Berdasarkan paparan singkat tentang fitur Bank Soal dalam portal Rumah Belajar terindikasikan adanya keunggulan dan kelemahan di dalamnya. Untuk itu, ada beberapa simpulan yang dapat dikemukakan, yakni sebagai berikut. Pertama, Bank Soal dalam portal Rumah Belajar penting untuk terus dikembangkan dan disempurnakan karena sangat bermanfaat bagi peserta didik berlatih mengerjakan evaluasi. Namun demikian, agar bermanfaat secara maksimal, sebelum diunggah ke dalam portal, perlu dilakukan evaluasi dan validasi oleh tim ahli. Tujuannya adalah soal yang diunggah memiliki kualitas sebagai soal yang baik.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar Anda!

Profil Sekolah Binaan

SMK NEGERI 1 KAMAL DAN SMK NEGERI 2 BANGKALAN