KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL BERSTANDAR HOTS
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
1
|
Pengetahuan dan Pemahaman
· Menyebutkan
· Mengidentifikasi
· Menjelaskan
· Menentukan
· Mengkategorikan
|
Ciri-ciri pribadi yang bertumbuh
menjadi dewasa
|
Disajikan
sebuah ayat tentang kedewasaan menurut Lukas (2:41-52), peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri pribadi yang bertumbuh menjadi
dewasa.
|
L-1
|
PG
|
1
|
Disajikan
sebuah pernyataan tentang kedewasaan, peserta
didik dapat menyebutkan sumber Alkitab
pernyataan tersebut.
|
L-1
|
PG
|
2
|
|||
Disajikan sebuah pernyataan tentang kedewasaan
menurut Alkitab, peserta didik dapat menjelaskan
pernyataan tersebut.
|
L-1
|
U
|
1
|
|||
Makna nilai-nilai Kristiani
|
Disajikan beberapa gambar
yang mengilustrasikan penerapan nilai-nilai Kristiani, peserta didik dapat mengidentifikasi gambar yang mencerminkan
nilai-nilai kristiani.
|
L-1
|
PG
|
3
|
||
Disajikan sebuah ilustrasi
tentang kehidupan sebuah keluarga, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai kristiani yang dilakukan oleh
keluarga tersebut.
|
L-1
|
PG
|
4
|
|||
Disajikan sebuah gambar
tentang kehidupan keluarga, peserta didik dapat menjelaskan
gambar tersebut dilihat dari pelaksanaan nilai-nilai Kristiani,
|
L-1
|
U
|
2
|
|||
Peran Roh Kudus dalam membaharui
kehidupan orang beriman
|
Disajikan sebuah ilustrasi tentang kehidupan remaja, peserta
didik dapat menentukan peran Roh Kudus yang
bekerja dalam dalam
kehidupan remaja tersebut.
|
L-1
|
PG
|
5
|
||
Disajikan sebuah gambar tentang seseorang yang
sedang memperoleh hikmat dari Roh Kudus, peserta didik dapat menentukan peran Roh Kudus yang
bekerja dalam dalam
kehidupan orang tersebut.
|
L-1
|
PG
|
6
|
|||
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berisi tentang
peran Roh Kudus, peserta didik dapat menyebutkan
sumber ayat tersebut.
|
L-1
|
PG
|
7
|
|||
Keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan
manusia dan alam
|
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berisi tentang keberadaan
Allah sebagai pembaharu kehidupa, peserta
didik dapat menyebutkan sumber ayat tersebut.
|
L-1
|
PG
|
8
|
||
Disajikan beberapa pernyataan bernomor tentang keberadaan
Allah sebagai pembaharu kehidupan, peserta didik mengategorikannya berdasarkan buah roh.
|
L-1
|
PG
|
9
|
|||
Peran Allah dalam kehidupan
keluarga
|
Disajikan sebuah ilustrasi tentang kehidupan
keluarga, peserta didik dapat menentukan peran
Allah yang ada dalam
kehidupan keluarga tersebut.
|
L-1
|
PG
|
10
|
||
Peran keluarga dan sekolah
sebagai lembaga pendidikan utama dalam kehidupan masa kini
|
Disajikan ilustrasi tentang hak-hak siswa di
sekolah, peserta didik dapat menentukan jenis
hak yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
|
L-1
|
PG
|
11
|
||
Perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni
dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab
|
Disajikan sebuah ayat
dalam Alkitab yang berisi tentang perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni,
dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab, peserta didik dapat menyebutkan ayat dalam Alkitab yang dimaksud.
|
L-1
|
PG
|
12
|
||
Arti Demokrasi dan HAM
|
Disajikan sebuah pernyataan tentang demokrasi,
peserta didik dapat menentukan ciri-ciri suatu pemerintahan yang demokratis.
|
L-1
|
PG
|
13
|
||
Berbagai bentuk pelanggaran
Demokrasi dan HAM yang merusak kehidupan dan kesejahteraan manusia
|
Disajikan sebuah ayat dalam Alkitab yang berkaitan
dengan HAM, peserta didik dapat menentukan
bentuk pelanggaran HAM yang terjadi.
|
L-1
|
PG
|
14
|
||
Pentingnya keadilan sebagai dasar mewujudkan
demokrasi dan HAM pada konteks global dan lokal mengacu pada Alkitab
|
Disajikan sebuah kasus tentang pelanggaran HAM, peserta
didik dapat mengidentifikasi jenis pelanggaran
Ham yang terjadi dalam kasus tersebut.
|
L-1
|
PG
|
15
|
||
2
|
Aplikasi
§ Membedakan
§ Menerapkan
§ Memberi contoh
§ Menghubungkan
§ Menginterpretasi
§ Membandingkan
§ Mengelompokkan
|
Nilai-nilai Kristiani
|
Disajikan dua buah gambar tentang pelaksanaan
nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga, peserta didik dapat menemukan
perbedaan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani
yang terdapat dalam kedua gambar tersebut.
|
L-2
|
PG
|
16
|
Disajikan dua buah ilustrasi tentang pelaksanaan
nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga, peserta didik dapat menemukan
perbedaan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani
yang terdapat dalam kedua ilustrasi tersebut.
|
L-2
|
PG
|
17
|
|||
Disajikan sebuah ayat Alkitab tentang nilai-nilai
Kristiani dalam kehidupan keluarga, peserta didik dapat menghubungkan ayat tersebut dengan kehidupan
sehari-hari
|
L-2
|
PG
|
18
|
|||
Disajikan sebuah ayat
dalam Alkitab yang berkaitan dengan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani berupa
nilai kasih, peserta didik dapat memberikan contoh tindakan yang mencerminkan nilai kasih tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
|
L-2
|
PG
|
19
|
|||
Disajikan sebuah ayat
dalam Alkitab yang berkaitan dengan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani berupa
nilai kebenaran, peserta didik dapat memberikan contoh tindakan yang mencerminkan nilai kebenaran tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
|
L-2
|
PG
|
20
|
|||
Disajikan sebuah ayat
dalam Alkitab yang berkaitan dengan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani berupa
nilai kesalehan, peserta didik dapat memberikan contoh tindakan yang mencerminkan nilai kebenaran tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
|
L-2
|
PG
|
21
|
|||
Disajikan sebuah ayat
dalam Alkitab yang berkaitan dengan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani
kehidupan keluarga, peserta didik dapat menginterpretasi
makna ayat tersebut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
L-2
|
PG
|
22
|
|||
Disajikan ayat Alkitab
yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai keadilan,
peserta didik dapat menerapkannya dalam
konteks kehidupan keluarga.
|
L-2
|
PG
|
23
|
|||
Disajikan ayat Alkitab
yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kesalehan,
peserta didik dapat menerapkannya dalam
konteks kehidupan keluarga.
|
L-2
|
PG
|
24
|
|||
Disajikan ayat Alkitab
yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kasih,
peserta didik dapat menerapkannya dalam
konteks kehidupan keluarga.
|
L-2
|
PG
|
25
|
|||
Disajikan ayat Alkitab
yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kebenaran,
peserta didik dapat menerapkannya dalam
konteks kehidupan keluarga.
|
L-2
|
PG
|
26
|
|||
Disajikan ayat Alkitab
yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kesetiaan,
peserta didik dapat menerapkannya dalam
konteks kehidupan keluarga.
|
L-2
|
PG
|
27
|
|||
Disajikan ayat Alkitab
yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kekudusan,
peserta didik dapat menerapkannya dalam
konteks kehidupan keluarga.
|
L-2
|
PG
|
28
|
|||
Disajikan ayat Alkitab
yang berkaitan dengan nilai-NILAI Kristiani, peserta didik dapat menginterpretasi makna yang terkandung dalam ayat
tersebut.
|
L-2
|
U
|
3
|
|||
Peran roh kudus dalam membaharui kehidupan orang
beriman
|
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan peran
Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman,
peserta didik dapat menafsirkan makna yang
terkadung dalam ayat tersebut.
|
L-2
|
PG
|
29
|
||
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan peran
Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman,
peserta didik dapat menghubungkan makna yang
terkadung dalam ayat tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
|
L-2
|
PG
|
30
|
|||
Disajikan dua buah ayat tentang peran
Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman, peserta didik dapat menemukan perbedaan peran Roh Kudus yang terdapat dalam kedua
ayat tersebut.
|
L-2
|
PG
|
31
|
|||
Disajikan sebuah gambar yang berkaitan dengan peran
Roh Kudus dalam kehidupan keluarga beriman, peserta didik dapat menafsirkan makna yang terkadung dalam gambar tersebut.
|
L-2
|
PG
|
32
|
|||
Perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni
dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab
|
Disajikan pernyataan yang berkaitan
dengan perkembangan
kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab,
peserta didik dapat memberikan contoh
perkembangan tersebut.
|
L-2
|
PG
|
33
|
||
Disajikan ayat Alkitab yang
berkaitan dengan perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni
dan teknologi, peserta didik dapat menginterpretasi makna yang terkandung dalam ayat tersebut.
|
L-2
|
PG
|
34
|
|||
Disajikan sebuah gambar tentang
kemajuan teknologi, peserta
didik dapat menginterpretasi makna yang dimaksud dalam gambar tersebut.
|
L-2
|
PG
|
35
|
|||
Disajikan 10 jenis kegiatan yang di
dalamnya terdapat 6 kegiatan yang termasuk dalam perkembangan budaya, peserta
didik dapat mengelompokkan kegiatan-kegiatan
yang termasuk dalam jenis kebudayaan
|
L-2
|
PG
|
36
|
|||
Pentingnya keadilan sebagai
dasar mewujudkan demokrasi dan HAM pada konteks global dan lokal mengacu pada
Alkitab
|
Disajikan sebuah pernyataan tentang demokrasi dalam
Alkitab, peserta didik dapat memberikan contoh
pelaksanaannya dalam konteks lokal.
|
L-2
|
PG
|
37
|
||
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan
demokrasi, peserta didik dapat menginterpretasi
makna yang terkandung dalam ayat tersebut.
|
L-2
|
PG
|
38
|
|||
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan
HAM, peserta didik dapat menghubungkan makna
yang terkandung dalam ayat tersebut dengan kehidupan sehari-hari
|
L-2
|
PG
|
39
|
|||
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan
HAM, peserta didik dapat memberikan contoh
kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
L-2
|
U
|
4
|
|||
Disajikan tabel yang di dalamnya terdapat 10
pelanggaran HAM berat dan ringan, peserta didik dapat mengelompokkannya ke dalam jenis pelanggaran HAM berat
|
L-2
|
PG
|
40
|
|||
3
|
Penalaran
§ Menganalisis
§ Mengevaluasi
§ Menyimpulkan
§ Menyelesaikan masalah
§ Memprediksi
§ Membandingkan
|
Makna kebersamaan dengan orang
lain tanpa kehilangan identitas
|
Disajikan sebuah ilustrasi tentang pertentangan
dalam lingkungan masyarakat heterogen, peserta didik dapat menemukan solusi yang paling tepat yang dilakukan
umat Kristen untuk mengatasi permasalahan tersebut.
|
L-3
|
PG
|
41
|
Disajikan sebuah ilustrasi tentang seorang Kristen yang membantu
pembangunan tempat ibadah agama lain, peserta didik dapat memberikan penilaian atas tindakan yang dilakukan
orang tersebut.
|
L-3
|
PG
|
42
|
|||
Allah sebagai pembaharu
kehidupan manusia dan alam
|
Disajikan sebuah dialog tentang pertobatan yang
salah satu dialognya dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi dialog tersebut dengan kalimat yang
sesuai.
|
L-3
|
PG
|
43
|
||
Disajikan sebuah dialog yang terdapat dalam Alkitab
yang berkaitan dengan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam,
peserta didik dapat menyimpulkan isi dalam
dialog tersebut.
|
L-3
|
PG
|
44
|
|||
Nilai-nilai Kristiani dalam
menghadapi gaya hidup masa kini, pertemanan, persahabatan dan berpacaran
|
Disajikan sebuah kasus tentang gaya hidup remaja
masa kini, peserta didik dapat menemukan solusi
atas permasalahan yang terjadi
|
L-3
|
U
|
5
|
||
Disajikan sebuah teks tentang gaya hidup remaja masa
kini, peserta didik dapat menyimpulkan isi
teks tersebut.
|
L-3
|
PG
|
45
|
|||
Nilai-nilai multikultur
|
Disajikan sebuah gambar tentang kehidupan dalam
masyarakat multikultur, peserta didik dapat menafsirkan
makna yang terkandung dalam gambar tersebut.
|
L-3
|
PG
|
46
|
||
Disajikan sebuah kasus tentang diskriminasi, peserta
didik dapat menemukan solusi atas permasalahan
yang terjadi.
|
L-3
|
PG
|
47
|
|||
Disajikan dua buah kasus tentang etnosentrime,
peserta didik dapat memberikan evaluasi
terhadap kedua teks tersebut.
|
L-3
|
PG
|
48
|
|||
Peran remaja sebagai pembawa damai sejahtera dalam
kehidupan sehari-hari selaku murid Kristus
|
Disajikan sebuah teks tentang peran remaja sebagai pembawa
damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memberikan simpulan atas isi teks tersebut.
|
L-3
|
PG
|
49
|
||
Disajikan dua buah teks tentang peran remaja sebagai pembawa
damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat membandingkan isi kedua teks tersebut.
|
L-3
|
PG
|
50
|
No comments:
Post a Comment
Berikan komentar Anda!