Wednesday, August 7, 2019

KATA SERAPAN

Kata serapan ialah kata asing yang diserap ke dalam perbendaharaan kata bahasa Indonesia. Kata dan istilah-istilah serapan itu masuk ke dalam bahasa Indonesia dengan cara-cara berikut.
1.    Adopsi
Adopsi terjadi apabila pemakai bahasa mengambil makna kata asing itu secara keseluruhan, misalnya pada kata hotdog, supermarket, mall, dan impeachment.

2.    Adaptasi
Adaptasi terjadi apabila pemakai bahasa hanya mengambil makna katanya, sedangkan ejaan dan cara penulisannya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia, misalnya pada kata reformasi, objek, standardisasi, dan konspirasi

3.    Penerjemahan
Penerjemahan terjadi apabila pemakai bahasa mengambil konsep yang terkandung dalam bahasa asing itu kemudian dicarikan padanannya dalam bahasa Indonesia, misalnya pada kata tumpang tindih, percepatan, proyek rintisan, dan uji coba. Kata-kata tersebut adalah hasil terjemahan dari bahasa Inggris overlap, acceleration, pilot project, dan  try out.

4.    Kreasi
Kreasi terjadi apabila pemakai bahasa hanya mengambil konsep dasar yang ada dalam bahasa sumber kemudian mencari padanannya  dalam bahasa Indonesia. Berbeda dengan cara terjemahan, cara kreasi tidak menuntut bentuk fisik yang mirip seperti pada penerjemahannya, misalnya pada kata berhasil guna (effective), ulang alik (shuttle), suku cadang (spare parts)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar Anda!

Profil Sekolah Binaan

SMK NEGERI 1 KAMAL DAN SMK NEGERI 2 BANGKALAN