Halaman

Tuesday, September 17, 2019

CONTOH INDIKATOR SOAL USBN PAK

DOWNLOAD CONTOH KISI-KISI PAK
KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL BERSTANDAR HOTS
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Jenjang                       : SMA/SMK
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
No. Soal
1
Pengetahuan dan Pemahaman
· Menyebutkan
· Mengidentifikasi
· Menjelaskan
· Menentukan
· Mengkategorikan
Ciri-ciri pribadi yang bertumbuh menjadi dewasa
Disajikan sebuah ayat tentang kedewasaan menurut Lukas (2:41-52), peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri pribadi yang bertumbuh menjadi dewasa.
L-1
PG
1
Disajikan sebuah pernyataan tentang kedewasaan, peserta didik dapat menyebutkan sumber Alkitab pernyataan tersebut.
L-1
PG
2
Disajikan sebuah pernyataan tentang kedewasaan menurut Alkitab, peserta didik dapat menjelaskan pernyataan tersebut.
L-1
U
1

Makna nilai-nilai Kristiani
Disajikan beberapa gambar yang mengilustrasikan penerapan nilai-nilai Kristiani, peserta didik dapat mengidentifikasi gambar yang mencerminkan nilai-nilai kristiani.
L-1
PG
3
Disajikan sebuah ilustrasi tentang kehidupan sebuah keluarga, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai kristiani yang dilakukan oleh keluarga tersebut.
L-1
PG
4
Disajikan sebuah gambar tentang kehidupan keluarga, peserta didik dapat menjelaskan gambar tersebut dilihat dari pelaksanaan nilai-nilai Kristiani,
L-1
U
2
Peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman
Disajikan sebuah ilustrasi tentang kehidupan remaja, peserta didik dapat menentukan peran Roh Kudus yang bekerja dalam dalam kehidupan remaja tersebut.
L-1
PG
5
Disajikan sebuah gambar tentang seseorang yang sedang memperoleh hikmat dari Roh Kudus, peserta didik dapat menentukan peran Roh Kudus yang bekerja dalam dalam kehidupan orang tersebut.
L-1
PG
6
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berisi tentang peran Roh Kudus, peserta didik dapat menyebutkan sumber ayat tersebut.
L-1
PG
7
Keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berisi tentang keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupa, peserta didik dapat menyebutkan sumber ayat tersebut.
L-1
PG
8

Disajikan beberapa pernyataan bernomor tentang keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan, peserta didik mengategorikannya berdasarkan buah roh.
L-1
PG
9
Peran Allah dalam kehidupan keluarga
Disajikan sebuah ilustrasi tentang kehidupan keluarga, peserta didik dapat menentukan peran Allah yang ada dalam kehidupan keluarga tersebut.
L-1
PG
10
Peran keluarga dan sekolah sebagai lembaga pendidikan utama dalam kehidupan masa kini
Disajikan ilustrasi tentang hak-hak siswa di sekolah, peserta didik dapat menentukan jenis hak yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
L-1
PG
11
Perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab
Disajikan sebuah ayat dalam Alkitab yang berisi tentang perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab, peserta didik dapat menyebutkan ayat dalam Alkitab yang dimaksud.
L-1
PG
12
Arti Demokrasi dan HAM
Disajikan sebuah pernyataan tentang demokrasi, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri suatu pemerintahan yang demokratis.
L-1
PG
13
Berbagai bentuk pelanggaran Demokrasi dan HAM yang merusak kehidupan dan kesejahteraan manusia
Disajikan sebuah ayat dalam Alkitab yang berkaitan dengan HAM, peserta didik dapat menentukan bentuk pelanggaran HAM yang terjadi.
L-1
PG
14
Pentingnya keadilan sebagai dasar mewujudkan demokrasi dan HAM pada konteks global dan lokal mengacu pada Alkitab
Disajikan sebuah kasus tentang pelanggaran HAM, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis pelanggaran Ham yang terjadi dalam kasus tersebut.
L-1
PG
15







2
Aplikasi
§  Membedakan
§  Menerapkan
§  Memberi contoh
§  Menghubungkan
§  Menginterpretasi
§  Membandingkan
§  Mengelompokkan
Nilai-nilai Kristiani

Disajikan dua buah gambar tentang pelaksanaan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga, peserta didik dapat menemukan perbedaan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani yang terdapat dalam kedua gambar tersebut.
L-2
PG
16
Disajikan dua buah ilustrasi tentang pelaksanaan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga, peserta didik dapat menemukan perbedaan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani yang terdapat dalam kedua ilustrasi tersebut.
L-2
PG
17
Disajikan sebuah ayat Alkitab tentang nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga, peserta didik dapat menghubungkan ayat tersebut dengan kehidupan sehari-hari
L-2
PG
18
Disajikan sebuah ayat dalam Alkitab yang berkaitan dengan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani berupa nilai kasih, peserta didik dapat memberikan contoh tindakan yang mencerminkan  nilai kasih tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
L-2
PG
19
Disajikan sebuah ayat dalam Alkitab yang berkaitan dengan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani berupa nilai kebenaran, peserta didik dapat memberikan contoh tindakan yang mencerminkan  nilai kebenaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
L-2
PG
20
Disajikan sebuah ayat dalam Alkitab yang berkaitan dengan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani berupa nilai kesalehan, peserta didik dapat memberikan contoh tindakan yang mencerminkan  nilai kebenaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
L-2
PG
21
Disajikan sebuah ayat dalam Alkitab yang berkaitan dengan pelaksanaan nilai-nilai Kristiani kehidupan keluarga, peserta didik dapat menginterpretasi makna ayat tersebut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
L-2
PG
22
Disajikan ayat Alkitab yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai keadilan, peserta didik dapat menerapkannya dalam konteks kehidupan keluarga.
L-2
PG
23
Disajikan ayat Alkitab yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kesalehan, peserta didik dapat menerapkannya dalam konteks kehidupan keluarga.
L-2
PG
24
Disajikan ayat Alkitab yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kasih, peserta didik dapat menerapkannya dalam konteks kehidupan keluarga.
L-2
PG
25
Disajikan ayat Alkitab yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kebenaran, peserta didik dapat menerapkannya dalam konteks kehidupan keluarga.
L-2
PG
26
Disajikan ayat Alkitab yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kesetiaan, peserta didik dapat menerapkannya dalam konteks kehidupan keluarga.
L-2
PG
27
Disajikan ayat Alkitab yang berkaitan dengan nilai Kristiani berupa nilai kekudusan, peserta didik dapat menerapkannya dalam konteks kehidupan keluarga.
L-2
PG
28
Disajikan ayat Alkitab yang berkaitan dengan nilai-NILAI Kristiani, peserta didik dapat menginterpretasi makna yang terkandung dalam ayat tersebut.
L-2
U
3
Peran roh kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman, peserta didik dapat menafsirkan makna yang terkadung dalam ayat tersebut.
L-2
PG
29
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman, peserta didik dapat menghubungkan makna yang terkadung dalam ayat tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
L-2
PG
30
Disajikan dua buah ayat tentang peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman, peserta didik dapat menemukan perbedaan peran Roh Kudus yang terdapat dalam kedua ayat tersebut.
L-2
PG
31
Disajikan sebuah gambar yang berkaitan dengan peran Roh Kudus dalam kehidupan keluarga beriman, peserta didik dapat menafsirkan makna yang terkadung dalam gambar tersebut.
L-2
PG
32
Perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab
Disajikan pernyataan yang berkaitan dengan perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni dan teknologi dengan mengacu pada Alkitab, peserta didik dapat memberikan contoh perkembangan tersebut.
L-2
PG
33
Disajikan ayat Alkitab yang berkaitan dengan perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni dan teknologi, peserta didik dapat menginterpretasi makna yang terkandung dalam ayat tersebut.
L-2
PG
34
Disajikan sebuah gambar tentang kemajuan teknologi,  peserta didik dapat menginterpretasi makna yang dimaksud dalam gambar tersebut.
L-2
PG
35
Disajikan 10 jenis kegiatan yang di dalamnya terdapat 6 kegiatan yang termasuk dalam perkembangan budaya, peserta didik dapat mengelompokkan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam jenis kebudayaan
L-2
PG
36
Pentingnya keadilan sebagai dasar mewujudkan demokrasi dan HAM pada konteks global dan lokal mengacu pada Alkitab
Disajikan sebuah pernyataan tentang demokrasi dalam Alkitab, peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaannya dalam konteks lokal.
L-2
PG
37
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan demokrasi, peserta didik dapat menginterpretasi makna yang terkandung dalam ayat tersebut.
L-2
PG
38
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan HAM, peserta didik dapat menghubungkan makna yang terkandung dalam ayat tersebut dengan kehidupan sehari-hari
L-2
PG
39
Disajikan sebuah ayat Alkitab yang berkaitan dengan HAM, peserta didik dapat memberikan contoh kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
L-2
U
4
Disajikan tabel yang di dalamnya terdapat 10 pelanggaran HAM berat dan ringan, peserta didik dapat mengelompokkannya ke dalam jenis pelanggaran HAM berat
L-2
PG
40







3
Penalaran
§  Menganalisis
§  Mengevaluasi
§  Menyimpulkan
§  Menyelesaikan masalah
§  Memprediksi
§  Membandingkan
Makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

Disajikan sebuah ilustrasi tentang pertentangan dalam lingkungan masyarakat heterogen, peserta didik dapat menemukan solusi yang paling tepat yang dilakukan umat Kristen untuk mengatasi permasalahan tersebut.
L-3
PG
41
Disajikan sebuah ilustrasi tentang seorang Kristen yang membantu pembangunan tempat ibadah agama lain, peserta didik dapat memberikan penilaian atas tindakan yang dilakukan orang tersebut.
L-3
PG
42
Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam
Disajikan sebuah dialog tentang pertobatan yang salah satu dialognya dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi dialog tersebut dengan kalimat yang sesuai.
L-3
PG
43
Disajikan sebuah dialog yang terdapat dalam Alkitab yang berkaitan dengan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam, peserta didik dapat menyimpulkan isi dalam dialog tersebut.
L-3
PG
44
Nilai-nilai Kristiani dalam menghadapi gaya hidup masa kini, pertemanan, persahabatan dan berpacaran
Disajikan sebuah kasus tentang gaya hidup remaja masa kini, peserta didik dapat menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi
L-3
U
5
Disajikan sebuah teks tentang gaya hidup remaja masa kini, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks tersebut.
L-3
PG
45
Nilai-nilai multikultur
Disajikan sebuah gambar tentang kehidupan dalam masyarakat multikultur, peserta didik dapat menafsirkan makna yang terkandung dalam gambar tersebut.
L-3
PG
46
Disajikan sebuah kasus tentang diskriminasi, peserta didik dapat menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi.
L-3
PG
47
Disajikan dua buah kasus tentang etnosentrime, peserta didik dapat memberikan evaluasi terhadap kedua teks tersebut.
L-3
PG
48
Peran remaja sebagai pembawa damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari selaku murid Kristus
Disajikan sebuah teks tentang peran remaja sebagai pembawa damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memberikan simpulan atas isi teks tersebut.
L-3
PG
49
Disajikan dua buah teks tentang peran remaja sebagai pembawa damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat membandingkan isi kedua teks tersebut.
L-3
PG
50


No comments:

Post a Comment

Berikan komentar Anda!